Trip Nano Nano di Bandung

Hai hai akhirnya nih gue bisa nulis lagi blog yang sudah usang dikelilingi kelabang sama tikus tikus jahat (boong deng).

jadi, awalnya gue bisa jalan dadakan adalah gara gara sheira,  makhluk yang gue kenal pas jalan di Bandung dahulu kala 2015, akhirnya ngajak gue lagi ke bandung minggu ini. kebetulan juga gue baru selesai PTS dan pengambilan rapor alhamdulillah bisa ambil libur 2 hari sabtu dan minggu (yang sangat langka buat gue) sedih akutuh.
jalan jalan nano nano dadakan tahu bulet kayanya gitu sih lebih tepatnya.  karna gue dan Sheira bener bener gak tau mau kemana intinya kita udah pesen  tiket Kereta ke Bandung PP- dan penginapan yang murah meriah.

Gue berangkat dari rumah sekitar jam 7.30 pagi udah packing dari malemnya jam 12 (niat)  haha, sarapan terus berangkat naik angkot ke Stasiun Sudimara, bagaikan anak ilang,  gue sendirian (engga deh,  banyak orang di gerbong nya) Sudimara - Tn abang yang dilanjutkan dengan naik Ojol ke Stasiun Gambir.

suasana kaki gue di angkot

Suasana Jakarta sepi cuy

baru sampe di Gambir

Jakarta sepi cuy asli secara sabtu ya.  Etapi udah lama ga ke Monas dan gue baru liat monas kaya orang norak dong (kesian).  eh ternyata baru tau juga kereta yang di jalur atas itu kereta yang ada di gambir dong (parah noraknya ya Alloh).  ya apalah gue mah anak trip gabut yang jalan jalan cuma se abad sekali.  oke lanjutkan.

sampe di stasiun Gambir ini gue langsung cari mesin cetak tiket.  ga ketemu tuh dimana mana, eh ketemu juga ternyata di pojok kiri dari pintu masuk.  hemm.

baru pertama kalinya cetak tiket ya.  secara selama hidup ini yang nyetak tiket selalu temen gue.  berdiamlah gue di depan mesin itu dan bertanya kepada mesin ,  gue harus apa dong?
ya pastilah gak di jawab (pedih gue)

beneran gue ga tau,  jadinya gue ketik lah kode yang ada di tiket ke mesin print nya.  eh ga kebaca juga.  (panik asli)  takut tiket palsu.  eh ternyata gue salah kode.  (haha-ketawain diri sendiri)
alhamdulillah akhirnya gue bisa print tiket dengan baik dan benar.  tolong jangan ditiru kebodohan gue kali ini.

gue balik lagi ke ruang tunggu,  dan waktu menunjukkan pukul 9 pagi. Sheira dateng masih dengan tampang nya yang lempeng dan ngeselin tapi nyenengin (cie  gue puji lu sher).  dia langsung gue todong buat cerita. (Maaf ya Sheir :'\)

abis gue tuh orng nya penasaran VS kepo  (sama ajah ya),  dari awal balik dari ngajar di Thailand sampe sekarang  dia akhirnya S2 di UPI (universitas  Pendidikan Indonesia)  dengan jurusan Linguistik Murni,  asli gue kaget kok lu ambil Linguistik sih (gue ajah udah eneg atas jurusan itu).
dan dia menjelaskan secara akal sehat secara akal gue udah butek.

penampakan lukisan 3D di Gambir

Masuk Gerbong

Akhirnya Kereta Jalan Juga

Ngobrol ngalor-ngidul sama Sheira bikin cepet waktu dan kita langsung cus buat masuk gerbong.
13A dan 13B (angka sial -tapi gue ga percaya begituan) harusnya jam 10.30 udah berangkat sih keretanya. tapi tiba tiba pada keluar dari gerbong gitu karena mati lampu dan AC di dalam gerbong nya.  duh delay deh (tebak gue dalam hati).  beneran delay,  jam 11.30 kereta yang kita naikin baru berangkat dan itupun pake acara penumpang ada yang ngegas (marah-marah)  ke petugas KAI (Kereta Api Indonesia).

gue ama sheira keluar gerbong bentar nyari nafas secara di dalem gerbong kita udah kaya pepes (panas dan gempal).  banyak yang pada keluar dari gerbong tapi gak pada pulang juga sih. kan udah bayar ya,  sayang juga duitnya. duduk bentar terus kita lanjut cerita ngalor-ngidul ga jelas lagi dan ada pengumuman.
*permohonan maaf kepada seluruh penumpang KAI argo parahyangan Gambir-Bandung untuk menunggu karena ada kerusakan Genset Kereta api dan sedang dalam penggantian*

kita cuma jawab "Oh..."  asli udah gatau lagi mau jawab apa kaya udah pasrah ajah gitu.
lah kan kita trip Nano Nano (berbagai rasa) jadi memang tidak ada kendala  besar selama tidak mengganggu perut yang lapar ajadeh. haha.
eh ada pengumuman lagi

*kereta api argo Parahyangan akan segera di berangkatkan,.  mohon maaf atas ketidaknyamanan dengan  perjalanan  ini*.

selesai.
kereta jalan pelan dan
GREKK.
kaya ada bagian kereta yang anjlok eh ternyata  cuma suara kereta yang   pindah jalur. 1 jam perjalanan menuju ke bandung sudah kita lewati dengan  baik dan tertidur.  lalu kebangun lah kita dengan pengumuman  lainnya.

*kepada seluruh penumpang KAI argo parahyangan,  kami memohon maaf atas ketidaknyamanan anda dengan gangguan Genset yang telah terjadi,  anda dapat menukarkan tiket anda dengan 50% dari harga tiket yang telah di bayarkan *

gue langsung bergumam (sebenernya pengen teriak Gembira tapi ku tahan) haha
Oh baiklah,  lumayan anggap ajah bonus dari KAI (tau gitu kemaren pesen eksekutif aja)  wew.
sudah selesai perjalanan kita tibalah di stasiun akhir Bandung dengan ikon stasiun macam tanda lokasi di gmaps (Google maps)  yang keren udah bikin gue pengen buru buru jalan ke kotanya.

welcome Bandung

antrian pengembalian uang tiket 50%

Tampak kanan St Bandung

Argo Parahyangan

tujuan setelah tiba di stasiun adalah home stay secara kita naro backpack dulu nih yang udah kaya gendolan tuyul gede gede banget abisnya (padahal cuma nginep semalem). kita ngutamain jalan kaki dari stasiun ke penginapan karna emang deket dan mengehmat ongkos. berjalan lah kita selama 15 Menit sambil jalan santai dan mendapati Bandung dengan banyak hal seru

• kali (sungai yang bersih)
  • di mana mana ada Taman
  • ada tempat buat pejalan kaki
  • dll nya
tibalah kita di tempat peginapan ,
Araya Huis homestay yang di book (pesen)  sama sheira udah tepat di depan mata kita setelah berjalan kaki dari stasiun ke homestay selama 20 menitan.

Araya Huis Homestay

suasana Kamar

Suasana Spes Kamar

kita gak lama di homestay karna emang udah niat langsung ke tempat tujuan yaitu
Nasi goreng Kastana Anyar (Bistik Aa) yang di gugel tertera buka  jam 5 ternyata masih kosong melompong alias belum ada tanda tanda ada gerobak di depan plangnya.
dalam hati bertanya.
apakah gue di php In lagi?

kue kotak Astana Anyar

oh tidak,  ternyata memang benar bistik Aa ini memang baru buka jam 5 sore, sedangkan gue dan sheira sudah tiba di tempat jam 16.45  jadi siapa yang kerajinan dateng duluan ? ya maklum lah . dateng ke tempat makan bikin cacing di perut gue pada demo (udah kaya demo buruh minta naik gaji)

kue balok astana Anyar -Bandung

Harga Kue balok Astana Anyar

Lelehan Keju di dalem kuenya hmmm

Lelehan Coklat Pada kuenya

nah sambil ganjel perut,  gue langsung cari cemilan yang enak nih.
alhamdulillah dapet.  Brownis panggang alias kue kotak Kastana anyar. keliatan nya enak dan rasanya variatif gitu jadi kita tergiur dan berniat beli.  satuan lumayan murah sih 2.500 rupiah  ada yang 5000/3 kue .dan kita beli 3 rasa, coklat,  keju sama original. jadi tiap kue itu ada isi semacam lelehan atau adonan setengah matang dari dalamnnya.hmmm gue beri  nilai nya 8/10
  enak dan terjangkau. adonannya kaya kue pukis yang di pasar tapi bentuknya aja yang beda.  kalo pukis kaya setengah lingkaran nah kalo kue kotak ini kaya balok kecil gitu.  tapi dalamnya juga kaya ada lelehan coklat atau keju sih tergantung jenis apa yang kalian beli.

Bistik Aa

Bistik Aa udah buka tapi masih persiapan  gitu,  masih beres2 barang. hmmm dan antri nya mulai panjang. (padahal belum rapih ini akang akang nya loh)
kita sampe penasaran seenak apa sih nasi goreng nya?
duduklah kita dan beberapa orang lain nya yang udah pesen sambil nunggu akang nya selesai.
Hujan pun mengguyur Astana Anyar dan sekitarnya,  gerimis awalnya lalu jadi deras.  tempat makan bistik Aa ini jadi rada banjir karna genangan,  meskipun hujan antrean tetep jalan dan makin banyak yang dateng.
oke.  setelah menunggu kurang lebih 1 jam akhirnya kita dapet makanan pesanan  kita.
gue pesen nasi goreng bistik dan Sheira pesen kwetiauw goreng bistik.
cicip lah dan makanlah kita.
Tampak dari dlam tenda Bistik Aa

kwetiauw bistik Aa

hmmm rasanya buat gue terlalu manis sih.  tapi enak bistik nya
gue malah tertarik sama bistik nya bukan nasi gorengnya gue kira bistik dan nasi goreng yang enak ternyata gue cuma merasakan enaknya pada bistik nya saja.  cukup!
lidah gue ini rada ga cocok sama makanan oversweet (kemanisan)  jadi mual.

ALUN ALUN BANDUNG

okelah abis makan itu kita lanjut solat maghrib dlu lah ya sambil ngilangin kemanisan ini dengan baik. waktu menunjukkan pukul 19.00 dan kita melanjutkam perjalanan  dari Astana anyar ke alun alun Bandung.  yang saat itu lagi ramai,  gue sama Sheira naik Ojol masing masing dan janjian turun di depan masjid Agung Bandung nya.

ga pake lama, gue langsung tiba dan Sheira juga, tapi kita malah terpisah bagai Adam dan Hawa cie. jadi gue diturunin sama abang ojolnya di sebelah utara masjid |Agung dan Sheira sebelah selatannya. akhirnya kita pun bertemu di pelataran jalan antara masjid dan Lapanagan Sintetis.

Samping Masjid Agung Bandung
setelah diketemukan

terciduk

gaya dulu haha

COSPLAY HALLOWEEN DI JALAN ASIA AFRIKA

jalan jalan kita lanjut ke jalan Asia Afrika yang  ditutup untuk kendaraan bermotor.  jadi kita bisa jalan dengan nyaman dan aman, sepanjang Asia Afrika.wah seru nih malam mingguan di sini.  ada pertunjukan cosplay jadi di jalanan ini banyak orang yang pake kostum dari mulai superhero, kartun sampe hantu hantuan,  dan beberapa orang di jalan sampe di takut takutin sama hantu yang tiba tiba ngejar mereka.

nah dari sini kita lanjut nyusurin jalan asia afrika dan mampir kulineran di kopi senja dan takoyaki yang sebelahan dan beli kue (tetek) . haha jangan pada jorok ya, namanya emang gitu .

takoyaki

kue tetek

STAND UP KOMEDI DI ASIA AFRIKA

belum puas sampe disitu,  ada lagi acara stand up comedy Bandung yang di adain tiap malem minggu di taman yang gak jauh dari Asia Afrika itu.
seru!
karna komiknya berasal dari banyak kalangan diantaranya : satpam,  tukang las, mahasiswa,  sampe tukang servis AC. lumayan menghibur dan seru karna  suasana masih abis hujan dan dingin.  terus gue cuma sama sheira dan penonton  yang lainnya gandengan (pedih)

seorang komika

ada buku loak kan juga
JALAN KAKI DI BRAGA

enggak lama kita pun lanjut jalan kaki ke Braga dan nyusurin jalan itu,  dari pertokoan dan restoran itu kita kaya denger radio tapi ke ganti ganti,  karna tiap restoran punya live musik masing2,
misalnha sebelah setelah lagu tulus eh sebelah lagi lagu sheila on 7 terus sebelah lagi lagu 70an.  yah terus kita ga konsisten dong dengernya.
ya iyalah kan kita  cuma jalan kaga mampir.  (kesian)

mampir bentar ke tempat es krim di Braga.  es krim skup harga Rp. 10 rbuan
rasanya enak
8/10,  lumayan harganya aman.

jadi,  jalan braga ini udah kaya jalan malioboro di jogja asli rame anak muda banget,  ada tukang jual lukisan dan bisa buat sketsa wajah juga. dan gue gak beli haha.  karna wajah gue ga model - able jadi emang gak niat.  haha

Braga Malam Hari

Es Krim Braga

Akang Parkir Braga
NGE- RONDE ALKATERI

lanjut dari Braga kita berakhir di Wedang Ronde Al Katiri
antri Oy,  rasanya enak. jadi minuman  wedang + ada kue mochi di dalamnya itu asli renyah lembut dan enak.
nilainya ku beri 9/10 harganya cuma Rp. 18 ribu.  buka sampe jam 12 malem dan kita jadi pelanggan terakhir.

tempat kita makan wedang ini homey sekali, suasana rumahan yang tenang adem bikin ronde yang dinikmati jadi makin anget dan enak. rekomended sekali nih buat jalan jalan malem di Bandung.

TAMPAK PADA GANG

suasana homeywedang ronde alkateri

penampakan wedang rondenya

BYE.
SEKIAN.

eh tapi jangan sekian dulu deh.
nanti gue mau tidur dlu karna di bandung kepala pusing dan idung udah kaya got pasar (Mampet).

JALAN PAGI KE GASIBU

lanjut bangun subuh (alhamdulillah bisa bangun subuh dari sekian banyak hari)
sholat dan gak mandi, kita langsung jalan kaki dari homestay ke Gedung sate berapa lama
perjalanan kita dari homestay ke Gasibu ini memang agak berliku (sama seperti kehidupan kita pada umumnya) au ah gelap! setiap perjalanan itu selalu punya cerita lain meskipun dengan tempat yang sama.misalnya, di perjalanan kali ini gue ngeliat uniknya zebracross di bandung yang mirip sama uler tangga, dan banyak monumen /patung selama perjalanan kita.
pegel? IYAlah, haha

30MENIT
weww.  di
emang udah niat sih buat jalan kaki pagi ngilangin pusing dan Mampet idung. Gedung Sate dan Gasibu ini udah sering gue lewatin tapi ga pernah mampir kesian nya gue.

perjalanan kaki dimulai

pagi lewatin pasar

zebra cross macam ular tangga

jalan kaki laper, mampir holland bakery

sebuah patung

jenis batik di sepanjang trotoar gedung sate

gedung sate

foto foto,  olahraga dikit jalan kaki doang tapi.  haha
plus liatin orang yang olahraga.
banyak banget oy ada yang main badminton yang lari sama ada yang pacaran juga (eh) .ngomong ngomong lari,  jadi Gasibu ini di sediain running track gtu buat lari.  seru sih tapi kaya gak lari karna tiap lari harus geser badan dengan yang jalan saking banyaknya orang. sempet mampir ke pasar pagi depan gasibu hampir sama lah kaya bazar pagi di mana mana ada jajanan,  tukang baju,  sama tukang susu pengalengan (ini yang paling gue kangenin susu pengalengan)

*susu murni nasional * PAKE NADA

gue beli? . kagak
duh terus apa dong yang gue beli?
gue beli kaus kaki sama cilor.  udah itu aja. cilor nya kecil kecil terus pake bumbu kacang.  enak sih 8/10 tapi ga bikin kenyang.  klao lu mau kenyang ya pake nasi (hahaha)  gak lucu.  oke baiklah.
sampe homestay kita langsung rapi rapi dan pulang
yuhu.  berpisah memang selalu menyedihkan dan bikin sakit tapi yaudah lah ya jangan lama lama sedihnya).

running trek Gasibu

ada yang main bultang

jalan pagi woyy

SEE YOU  bandung

naik eksekutif bisa selonjoran ena ena ena

eksekutif ena

pemandangan arah Bandung -Gambir

kali ini gue naik argo Parahyangan jenis eksekutif (cieee naik tahta jadi orkay dulu haha) . wah beda 40ribu sama tiket ekonomi tapi sungguh tidak menyesal servis dan fasilitasnya enak.
tau gitu perginya eksekutif aja ya Alloh.
ya deh gapapa. Alhamdulillah
sekarang I'm back to Jakarta alias Tangerang Selatan alias pondok pucung

BYE
SEE YOU
NEXT TRIP.
peluk satu satu buat yang baca.  hihi
makasih ya udah baca
jangan diketawain emang kaya gini gue nulisnya.  santai kaya di pantai.  haha